Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Ghasyiyah (Ustadz Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.)
Senin, 10 Maret 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A.

Rekaman video: Ustadz Firanda Andirja, M.A. – Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Al-Ghasyiyah (dalam salah satu pendapat) adalah salah satu nama dari nama-nama hari kiamat. Al-Ghasyiyah (الغاشية) dari kalimat (kata) ghasyiyah (غاشية) yang artinya “meliputi”, artinya tatkala tiba hari kiamat maka kedahsyatan / kengerian hari kiamat akan meliputi seluruh manusia; tidak ada manusia yang selamat dari kengerian hari kiamat. Oleh karena itu, dikatakan nama yang lain dari hari akhirat atau hari kiamat adalah ath-thommah (الطَّامَّةُ), sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “فَإِذَا جَاءتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى“, “Dan tatkala datang malapetaka besar yang meliputi (segala manusia),” (An-Nazi’at [79]: 34).

Sebagian ulama dari kalangan ahli tafsir, menyatakan bahwasanya Al-Ghasyiyah adalah nama dari nama-nama neraka Jahannam, karena Allah Ta’ala berfirman: “… وَتَغْشَى وُجُوهَهُمْ النَّارُ, “… (Pada hari kiamat kelak,) wajah-wajah mereka (para penghuni neraka Jahannam) akan diliputi oleh api neraka Jahannam,” (Q.S. Ibrahim [14]: 50).

Simak lebih lanjut sebuah tema yang sangat menarik tentang Tafsir Surat Al-Ghasyiyah yang disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja atau silakan download kajian ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja – Tafsir Surat Al-Ghasyiyah

Mari kita share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat untuk kita dan saudara-saudara kita yang lain. Jazakumullahu khoiron.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/5086-tafsir-surat-al-ghasyiyah-ustadz-abu-abdil-muhsin-firanda-andirja-ma/